Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe course review horay di SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Cooperative Learning
Tipe Course Review Horay di Kelas IV SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara
Gadis Regina Dwinovfrica
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe course review horay di kelas IV SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara, yang berlokasi di jalan P. Tomiang 1 No 45 RT 011/03 Komplek TNI AL Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara.. Waktu Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2015/2016, yakni pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode cooperative learning tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV . Pada siklus I dan II hasil belajar IPS mencapai 27,58%, dan 90%. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning tipe course review horay dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi lingkungan setempat di kelas IV Sekolah Dasar.
Kata kunci : Hasil belajar IPS, Metode Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Bibliografi : lembar 114-116
SS00013030 | SK 13030 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain