Text
Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui permainan bengkel kata : penelitian tindakan di BKB PAUD Mawar Cilangkap Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BENGKEL KATA
(Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 5-6 Tahun di BKB PAUD Mawar, Cilangkap Cipayung Jakarta Timur)
(2016)
Ilma Semtika
(Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, FIP UNJ)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun, di BKB PAUD Mawar, Kelurahan Cilangkap, kecamatan Cipayung Jakarta Timur, melalui permainan bengkel kata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai akhir September. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B, BKB PAUD Mawar, kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, yang kemampuan membaca permulaannya masih rendah dengan jumlah sebanyak 11 anak. Prosentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada pra penelitian, didapat prosentase sebesar 35%. Setelah diberikan tindakan, prosentase meningkat mencapai 79,17%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, siklus I prosentase meningkat, mencapai 62%, maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Dan data yang diperoleh pada siklus II, prosentase meningkat, mencapai 79,17%. Hal ini berarti dari pra penelitian ke siklus I memiliki kenaikan 27%, dari siklus I kesiklus II memiliki kenaikan 17,17%. Dan dari pra penelitian ke siklus II, memiliki kenaikan 44,17%. Berdasarkan keberhasilan prosentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia dini dapat meningkat dengan memberikan pengenalan huruf, membedakan bunyi huruf awal yang sama, membaca dengan menirukan kata, dan memahami konsep tulisan.
Kata kunci:membaca permulaan, permainan bengkel kata Bibliografi : lembar 174-176
SS000013031 | SK 13031 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain