Text
Pemanfaatan media : paku Lingkaran warna KPK dan FPB (board game) pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri Rahayu Cisauk
PEMANFAATAN MEDIA “PAKU LINGKARAN WARNA KPK DAN FPB”
(BOARD GAME) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI
SD NEGERI RAHAYU CISAUK
(2017)
Muhamad Iqbal
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana
pemanfaatan media board game “Paku Lingkaran Warna KPK dan FPB”
yang dikembangkan oleh Pusat Sumber Belajar Makmal Pendidikan yang
kemudian dimanfaatkan oleh guru kelas IV di SD Negeri Rahayu Cisauk
meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Penelitian
dilaksanakan pada bulan Juli 2016 hingga Januari 2017. Populasi dari
penelitian ini yaitu seluruh guru kelas IV SD Negeri Rahayu Cisauk. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan survei. Penelitian deskriptif ini bukan bertujuan untuk menguji
teori tertentu, melainkan bertujuan untuk menggambarkan apa adanya gejala
atau keadaan yang sebenarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen angket guru dan siswa, pedoman observasi, dan
wawancara. Data yang telah dihimpun lalu diolah menjadi presentase yang
kemudian dianalisa menjadi data deskriptif. Pemanfaatan media board game
“Paku Lingkaran Warna KPK dan FPB” bertujuan untuk memudahkan peserta
didik dalam memahami materi KPK dan FPB. Hasil dari penelitian ini adalah
secara umum guru telah melakukan tahapan pemanfaatan, yaitu pada tahap
persiapan guru mempersiapkan media board game yang akan digunakan.
Pada tahap pelaksanaan guru membimbing peserta didik agar dapat
menggunakan media board game. Pada tahap tindak lanjut guru memberikan
soal-soal yang dapat dikerjakan secara individu maupun kelompok.
Kata kunci: board game, pemanfaatan, materi KPK dan FPB, siswa kelas IV
SD
Bibliografi : lembar 140-142
SS00013032 | SK 13032 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain