Text
Meningkatkan kecerdasan logis matematis melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat
Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based learning) Kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat ( 2017 )
Mursyidah
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis pada mata pelajaran matematika tentang pecahan siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian dilaksanakan di SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Waktu penelitian dilaksanakan selama bulan September sampai dengan Desember pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan mengunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh data siklus I skor kecerdasan logis matematis 52% atau 13 siswa dari keseluruhan siswa 25 memperoleh skor ≥ 70 dan pada siklus II skor kecerdasan logis matematis siswa meningkat menjadi 81% atau 21 siswa dari keseluruhan siswa 25 memperoleh skor ≥ 70. Skor pemantauan tindakan siswa dan guru juga mengalami peningkatan. Pemantaun tindakan guru, yaitu persentase pertemuan pertama sebesar 68,75%, pertemuan kedua sebesar 71,25% dan persentase pertemuan ketiga sebesar 75% pada siklus I menjadi meningkat pada siklus II pertemuan pertama yang persentasenya sebesar 83,75%, pertemuan kedua 86,25% dan pertemuan ketiga sebesar 93,75%. Sedangkan persentase pemantauan tindakan siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 63,75%, pertemuan kedua 67,5% dan pertemuan ketiga 70% menjadi meningkat pada siklus II dimana persentase pertemuan pertama sebesar 81,25%, pertemuan kedua 85% dan pada pertemuan ketiga 90%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah akan memunculkan interaksi positif yang akan meningkatkan kecerdasan logis matematis siswa tentang pecahan.
Kata kunci: Kecerdasan matematis, pecahan, model pembelajaran berbasis masalah, siswa kelas IV SD
Bibliografi : lembar 107-109
SS00013025 | SK 13025 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain