Text
Pengembanagn hipotek buku bantuan diri (self-help book) tentang perilaku bullying
PENGEMBANGAN HIPOTETIK BUKU BANTUAN DIRI (SELF-HELP BOOK) TENTANG PERILAKU BULLYING MAHASISWA (2017)
HUZAINAH ASRORIYAH 1715125411
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku bantuan diri yang berjudul “Awas Bullying!”. Buku tersebut ditujukan bagi mahasiswa agar dapat memperbaiki diri dan terhindar dari bullying. Studi pendahuluan dilakukan di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), pelaksanaan merujuk pada prosedur yang dikembangkan Borg dan Gall. Produk yang dihasilkan bersifat hipotetik yang telah divalidasi ahli menyangkut kebahasaan, media dan isi materi. Tahap penelitian dan pengembangan: 1) pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan format produk awal; 4) validasi produk awal; dan 5) revisi produk. Pada tahap validasi, produk dinilai oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Selain itu, produk juga dinilai oleh pengguna, yaitu mahasiwa. Hasil persentase kelayakan buku dari masing-masing validator yaitu, ahli materi menilai sebesar 80,5% (layak), ahli media sebesar 79,16% (layak), ahli bahasa sebesar 66,6% (layak) dan validator pengguna sebesar 81% (sangat layak). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu buku bantuan diri mengenai perilaku bullying dikategorikan layak dengan rata-rata persentase sebesar 76,81%. Diharapkan buku bantuan diri tentang bullying dapat diujicobakan sehingga buku ini efektif digunakan, uji coba dilakukan tidak hanya di Universitas Negeri Jakarta, tetapi dapat diujicobakan lebih luas ke universitas lainnya. Kata kunci: buku bantuan diri, perilaku bullying, masa menjelang dewasa. Bibliografi : lembar 128-131
SS00013024 | SK 13024 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain