Text
Pengembangan komik sebagai sumber belajar pada mata pelajaran matematika kelas 5 sekolah dasar
ABSTRAK
Adi Milano Putra. Pengembangan Komik Sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD. Skripsi. Jakarta : Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran berupa komik pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V SD, dengan materi bangun datar layang-layang. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Baker & Schutz. Dalam proses pengembangannya, model Baker & Schutz memiliki tujuh tahapan, yaitu tahap Product Formulation menghasilkan analisis yang menunjukan bahwa produk komik pembelajaran dibutuhkan, informasi diperoleh melalui wawancara dengan guru mata pelajaran dan melakukan observasi kondisi dari lingkungan sekolah; Instructional Spesification menghasilkan rumusan tujuan pembelajaran pada komik yang disertai dengan perumusan materi yang terdapat pada komik pembelajaran; tahap Item Tryout menghasilkan kisi-kisi untuk menilai komik pembelajaran, kisi-kisi untuk para ahli dan untuk pengguna komik pembelajaran; tahap Product Development, dalam mengembangkan produk komik pembelajaran peneliti menggunakan sistematika pembuatan komik dari Indiria Maharsi; tahap Product Tryout, tahap uji coba dilakukan oleh para ahli dan pengguna; tahap Product Revision, perbaikan produk berdasarkan saran dari para ahli pada tahap uji coba produk dan tahap Operation Analysis yaitu kesimpulan menyeluruh mengenai seluruh kegiatan pengembangan yang telah dilakukan. Evaluasi komik pembelajaran ini meliputi empat tahap evaluasi, tahap pertama evaluasi expert review, diuji coba kepada tiga orang ahli terdiri dari ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media. Tahap kedua, one to one diuji coba kepada tiga orang siswa. Tahap ketiga, small group diuji coba kepada lima orang siswa. Terakhir field test, diuji coba kepada tiga puluh orang siswa. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan expert review dengan nilai 3,16, rata-rata hasil uji coba one to one dengan nilai 81,6%, rata-rata hasil uji coba small group dengan nilai 88% dan hasil uji coba field test dengan nilai rata-rata awal 66 menjadi 75,5. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa komik pembelajaran matematika dengan materi bangun datar layang-layang yang telah dikembangkan dapat dikategorikan baik.
Kata kunci : Komik, Pembelajaran, Sumber Belajar, Matematika Bibliografi : lembar 166-169
SS00013040 | SK 13040 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain