Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model take and give terhadap siswa kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP SISWA KELAS V SDN PENGGILINGAN 05 PAGI JAKARTA TIMUR
ANDITA DAMAYANTI
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Take and Give pada siswa kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 33 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaannya terdapat empat tahapan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda, pemantau tindakan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada siklus pertama persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 54,54% dari keseluruhan siswa. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus kedua, persentase pencapaian hasil belajar sudah tercapai yaitu sebesar 84,84% sehingga melebihi dari kriteria pencapaian yang ditentukan. Dari data tersebut menunjukkan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan hasil belajar yang sebesar 80% telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan model Take and Give pada siklus pertama mencapai 85%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan mencapai 100%. Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan yaitu sebesar 100% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar IPS terhadap siswa kelas V SDN Penggilingan 05 Pagi Jakarta Timur.
Kata kunci: hasil belajar IPS, pembelajaran IPS, model Take and Give, siswa kelas V sekolah dasar.
Bibliografi : lembar 104-105
SS00013041 | SK 13041 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain