Text
Pengembangan modul elektronik sebagai sumber belajar pada mata kuliah animasi di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA KULIAH ANIMASI DI JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN (2014)
Ria Rizkati
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik sebagai sumber belajar pada mata kuliah Animasi. Berdasarkan tujuannya, pengembangan ini dapat dikategorikan sebagai penelitian pengembangan karya inovatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Rapid Prototyping dari Tripp-Bichelmeyer. Berdasarkan model tersebut, penelitian pengembangan ini telah melalui tahap assess needs and analyze content (analisis penilaian kebutuhan dan analisis konten), set objectives (menetapkan tujuan pembelajaran), constructing a prototype (mengembangkan prototipe), utilizing the prototype (memanfaatkan prototipe), dan installing the final system (memasang sistem). Nama produk dari pengembangan ini adalah “Modul Elektronik untuk Teknik Dasar Animasi”. Modul Elektronik ini digunakan untuk memfasilitasi belajar mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dalam mengembangkan media pembelajaran berbentuk animasi. Modul elektronik tersebut dikemas dalam bentuk compact disc (CD). Evaluasi pada penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi formatif dan sumatif. Pada penelitian ini, ada tiga tahapan dalam melakukan proses evaluasi yaitu one to one, small group dan fieldtest. Evaluasi tersebut melibatkan 2 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli desain pembelajaran. dan pengguna. Merujuk pada hasil evaluasi formatif, maka diketahui bahwa modul elektronik ini dikatakan baik dengan rata-rata 3,2 dan pada tahap evaluasi sumatif terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 3.57. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa “Modul Elektronik Teknik Dasar Animasi” ini telah teruji efektifitasnya dan layak untuk terus digunakan sebagai sumber belajar untuk mahasiswa kelas Animasi di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Kata Kunci: pengembangan, modul, elektronik, sumber, belajar, pembelajaran, teknologi, teknologi pendidikan.
DEVELOPMENT OF ELECTRONIC MODULES AS A SOURCE OF LEARNING AT ANIMATION COURSES IN THE DEPARTMENT OF CURRICULUM AND EDUCATIONAL TECHNOLOGY (2014)
Ria Rizkati
ABSTRACT
The development of research aimed at producing electronic modules as a source of learning on subjects Animation. By the purpose, this development can be categorized as an innovative research development work. This refers to the development of research development model Rapid Prototyping of Tripp-Bichelmeyer. Based on these models, research expansion has been through the phase needs and analyze content, set, constructing a prototype, utilizing the prototype, and installing the final system. The name of the product of this development is the "Electronic Module for Basic Animation Techniques". Electronic module is used to facilitate student learning Curriculum and Technology Education Department in developing instructional media in the form of animation. The electronic module is packaged in a compact disc (CD). Evaluation in this study using formative and summative evaluation approaches. In this study, there are three stages in the evaluation process is one to one, small group and field test. The evaluation involved two expert material, one media expert, one expert instructional design and users. Referring to the results of the formative evaluation, it is known that the electronic module is said to be good with an average of 3.2 and at this stage there is an increase summative evaluation of student learning outcomes at 3:57. Based on these data, it can be concluded that the "Electronic Module for Basic Animation Techniques" has proven its effectiveness and deserves to continue to be used as a learning resource for students of Animation classes in the Department of Curriculum and Educational Technology, State University of Jakarta.
Keywords: development, modules, electronics, sources, learning, teaching, technology, technology education.
Bibliografi hal.: 143
SS00002591 | SK 2591 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain