Text
Pengembangan buku panduan gerakan dasar pencak silat sebagai sumber belajar di Perguruan Silat Pusaka Djakarta
ABSTRAK
PUTRA SANUBARI Pengembangan Buku Panduan Sebagai Sumber Belajar di Perguruan Pusaka Djakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Buku Panduan Gerakan Dasar Pencak Silat di perguruan pencak silat Pusaka Djakarta. Buku panduan ini digunakan sebagai sumber belajar yang bertujuan untuk mengatasi masalah belajar yang terjadi pada pesilat pemula, yakini perbedaan dalam memahami gerakan dasar, serta meningkatkan kemampuan pemahaman baik secara kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian pengembangan ini, mengacu pada model pengembangan pembelajaran Rowntree. Model Rowntree merupakan model pengembangan yang sistematis dan mengacu pada produk. Tahapan-tahapan dalam model Rowntree terdiri dari tiga langkah, dimulai dari langkah perencanaan, langkah persiapan penulisan, dan langkah penulisan dan penyuntingan. Langkah – langkah tersebut dijadikan landasan oleh pengembang dalam menghasilkan sebuah produk yang sesuai untuk pembelajaran. Penelitian ini disebut pengembangan karena tidak hanya sampai pada tahap membuat produk, tetapi sampai pada tahapan mengevaluasi produk. Pengembangan ini dinilai sudah memenuhi kriteria setelah melewati empat tahap ujicoba antara lain: Reviu oleh ahli, Ujicoba satu-satu, Kelompok kecil, dan Ujicoba lapangan. Dengan menggunakan skala 1-4, nilai rata rata yang diperoleh dari Reviu oleh ahli adalah 3,2 yang secara keseluruhan baik Sedangkan pada Ujicoba satu-satu diperoleh nilai rata-rata 3,2 yang secara keseluruhan baik. Pada tahap ujicoba kelompok kecil diperoleh nilai rata rata 3,3 yang menandakan secara keseluruhan juga baik. Pada tahap ujicoba lapangan, menggunakan butir soal diperoleh nilai rata-rata sebesar 75% yang berarti hasil belajar dan tingkat pemahaman peserta didik pada ranah kognitif adalah cukup baik karena telah diatas 71% dengan skala 100% Sedangkan pada tahap ujicoba lapangan menggunakan penilaian rubrik, didapatkan skor rata-rata sebesar 90% yang menandakan tingkat pemahaman peserta didik pada ranah psikomotor sudah sangat baik karena sudah berada di angka 90% dengan skala 100% Implikasi dari hasil pengembangan ini, dapat mempermudah peserta didik dalam memperoleh pengetahuan mengenai gerakan dasar pencak silat secara benar dan sesuai dengan kaidahnya. Selain itu dalam mengembangkan media pembelajaran dapat dilakukan pada lembaga formal maupun non formal, dengan tujuan untuk memfasilitasi dan memudahkan proses belajar maupun pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Panduan, Sumber Belajar, Pencak Silat Bibliografi : lembar 147-148
SS00013038 | SK 13038 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain