Text
Peningkatan kecerdasan naturalis melalui pendekatan keterampilan proses : penelitian tindakan di kelompok B TK Alam Rizkia, Cimpaeun-Depok, 2013
ABSTRAK
Objek dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan naturalis melalui pendekatan keterampilan proses di TK Alam Rizkia Depok, Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui partisipasi responden dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumen studi dan rekaman. Dari data analisa dan interpretasi mengindikasikan bahwa: Hasil yang diperoleh secara signifikan menunjukkan adanya peningkatan sebesar 20,65%. Pada perbandingan kuantitatif kecerdasan naturalis anak sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Dengan sampel 10 responden, Skor data mentah pra siklus total 155; Rata-rata kelas pra siklus 15.5; Skor data mentah siklus1 total 18; Rata-rata kelas siklus1 18.7. Berdasarkan hasil ini, peneliti menyarankan: 1) Guru harus membuat suasa belajar yang kondusif, nyaman dan menyenangkan,buat media yang mengarahkan kepada pengembangan konsep kecerdasan naturalis dalam bentuk yang konkret sehingga anak terstimulasi dengan baik, 2) Sekolah, seharusnya menyediakan sarana dan prasarana yang bervariasi untuk menunjang pembelajaran kecerdasan naturalis sehingga mampu mengembangkan pengetahuan tentang dimensi mengenal lingkungan, klasifikasi lingkungan,dan kepekaan terhadap lingkungan.
Kata kunci : Kecerdasan naturalis, keterampilan proses
Bibliografi : lembar 134-137
TM00004966 | TM 4966 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain