Text
Peningkatkan hasil belajar matematika domain kognitif siswa melalui pendekatan saintifik di kelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DOMAIN KOGNITIF SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN MENTENG 02 JAKARTA PUSAT
NopihNurvriyani
ABSTRAK
Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematika domain kognitifsiswa.Subjekpenelitianadalahsiswakelas IV SDN Menteng 02 Jakarta Pusat yang berjumlah 29 siswa.Metodepenelitian yang digunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganmenggunakan model John Elliot. Pengumpulan data dilakukandenganteknikobservasi, tes, catatanlapangan, dandokumentasikegiatanpembelajaran.Analisis data hasilpenelitiandilakukandenganmenghitungpersentasehasilbelajarmatematika menggunakanstatistiksederhana, sedangkananalisis data tindakandilakukandenganmerefleksikankegiatan-kegiatan yang telahdilakukanpadasetiapsiklus.Hasilevaluasibelajarsiswapadasiklus I mencapai 65,51% dengan 19 siswamendapatskor ≥ 75 danpadasiklus II mencapai 93,10% denganrincian 27 siswamendapatskor ≥ 75. Hasilbelajarmatematika domain kognitifsiswamelaluipendekatansaintifik di SDN Menteng 02 Jakarta Pusatmenunjukkanadanyapeningkatandarisiklus I hinggasiklus II sebesar 27,58%. Hasil yang telahdicapaipadasiklus II tersebutmembuktikanbahwapendekatansaintifik yang digunakanpenelitiuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalampembelajaranma tematikasudahtepat.
Kata kunci: pendekatansaintifik, hasilbelajarmatematika domain kognitif Bibliografi : lembar 151-152
SS00013069 | SK 13069 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain