Text
Meningkatkan sikap kerja sama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui strategi active learning tipe team quis pada siswa kelas IV : studi penelitian tindakan kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS IV
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi
Jakarta Timur)
Nina Nurhasanah
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja sama dalam pembelajaran PKn. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur sebanyak 19 siswa pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan menggunakan siklus dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, data hasil kuesioner sikap kerja sama menunjukkan persentase 52,63% siswa mendapatkan skor ≥ 80, sedangkan data hasil lembar pengamatan menunjukan persentase 47,37% sehingga belum dinyatakan berhasil karena kriteria keberhasilannya 85% siswa mendapatkan skor ≥ 80. Pada siklus II persentase sikap kerja sama mencapai 94,74% dari data hasil kuesioner dan 89,47% dari data hasil lembar pengamatan. Pada siklus I hasil pemantau tindakan guru sebesar 72% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Pada siklus I hasil pengamatan tindakan siswa sebesar 67% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa strategi active learning tipe team quiz dalam proses pembelajaran PKn dapat meningkatkan sikap kerja sama. Oleh sebab itu, guru harus lebih memperhatikan setiap kondisi siswa baik secara fisik, moral, maupun emosi agar semua siswa dapat melatih sikap kerja sama dengan baik.
Kata Kunci : Pembelajaran PKn, Sikap Kerja Sama, Strategi Active Learning Tipe Team Quiz. Bibliografi : lembar 116-119
SS00013066 | SK 13066 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain