Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) di SMK Perguruan Cikini pada mata pelajaran pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga
ABSTRAK
Edi Susanto. 5315111782. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di SMK Perguruan Cikini pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Guru menyampaikan tujuan dan pokok-pokok pembelajaran, memberikan motivasi, melaksanakan diskusi, dan mengevalusi proses pembelajaran pada mata pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Kelas XI di SMK Perguruan Cikini Jakarta. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses kegiatan setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2016 sampai dengan hari Senin tanggal 29 Agustus 2016. Kegiatan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar penilaian praktik, rubik penilaian sikap dan lembar observasi proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis terlihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (≥75), pada siklus I terdapat 24 siswa atau 66,67%, dan pada siklus II terdapat 30 siswa atau 83,33%. Sedangkan perolehan nilai ketrampilan yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebesar 75% dan 100% pada siklus II, untuk pencapaian nilai sikap siswa siklus I sebesar 88,89% dan 91,76% pada siklus II. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga di kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruan.
Kata kunci: hasil belajar dan model pembelajaran berbasis masalah
SS00013244 | SK 13244 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain