Text
Efektifitas metode audiovisual dan metode elementer (bagian per bagian) terhadap peningkatan kemampuan teknik pembalikan salto renang gaya bebas pada anggota basic 1 Parisakti Swimming School BSD
RINGKASAN
Muhammad Firdaus. Efektifitas Metode Audiovisual dan Metode Elementer (Bagian Per Bagian) Terhadap Peningkatan Kemampuan Teknik Pembalikan Salto Renang Gaya Bebas pada Anggota Basic 1 Parisakti Swimming School BSD. Skripsi. Jakarta : Program Studi Ilmu Keolahragaan, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode manakah yang lebih baik antara metode audiovisual dan metode elementer (bagian per bagian) terhadap peningkatan kemampuan teknik pembalikan salto renang gaya bebas, Penelitian ini dilaksanakan di Parisakti Swimming School BSD. Tangerang pada bulan Oktober - Desember 2016. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti melakukan tes awal kemudian di lanjutkan dengan memberikan perlakuan berupa program latihan dengan metode audiovisual dan metode elementer (bagian per bagian), diakhiri dengan memberikan tes akhir.Sebanyak 8 pertemuan yang dimulai dari 18 Oktober sampai 9 Desember 2016. Sampel yang diambil menggunakan Random Sampling sebanyak 30 sampel. Metode penelitian dengan menggunakan pre test dan post test. Instrumen tes yang di gunakan adalah tes pembalikan salto renang gaya bebas dengan realibitas sebesar 0,97. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, uji-t dua sampel bebas, dan uji-t dua sampel berpasangan. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : Terdapat pengaruh metode Audiovisual terhadap keterampilan pembalikan salto renang gaya bebas diperoleh nilai t hitung sebesar 4,48. Jika di bandingkan dengan t tabel
ternyata lebih besar daripada t tabel sebesar 2,04 pada kepercayaaan = 0,05 dan derajat bebas 14. Terdapat pengaruh metode Elementer (Bagian per bagian) terhadap keterampilan pembalikan salto renang gaya beabs diperoleh nilai t hitung sebesar 18. Jika dibandingkan dengan t tabel ternyata hasilnya lebih besar dari pada t tabel sebesar 2,04 pada kepercayaan = 0,05 dan derajat bebas 14. Efektifitas metode audiovisual dan metode elementer (bagian per bagian) terhadap peningkatan kemampuan teknik pembalikan salto renang gaya bebas pada anggota basic 1 Parisakti Swimming School BSD diperoleh nilai t hitung sebesar 2,56. Jika di bandingkan dengan t tabel ternyata lebih besar daripada t tabel sebesar 2,04 pada derajat = 0,05 : 2 = 0,025 (uji 2 sisi) dengan derajat bebas sebesar 28. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai antara metode audiovisual dan metode elementer (bagian per bagian). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Audiovisual dan Elementer (Bagian per bagian) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan teknik pembalikan salto renang gaya bebas pada anggota basic 1 Parisakti Swimming School BSD. Dimana metode Elementer (Bagian per bagian) lebih efektif dibandingkan dengan metode Audiovisual terhadap peningkatan kemampuan teknik pembalikan salto renang gaya bebas pada anggota basic 1 Parisakti Swimming School BSD. Bibliografi : lembar 67-68
SS00013259 | SK 13259 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain