Text
Pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan
PELAKSANAAN PROGRAM AKSELERASI di SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN
SONDANG D.F.MANURUNG
Abstrac
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pelaksanaan Program Akselerasi yang berlangsung di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Program Akselerasi ini telah berlangsung sejak tahun 2005 sampai penelitian ini dilaksanakan. Pelaksanaan program ini disahkan melalui Surat Keputusan Nomor 800/256a-Dispend/2006 oleh pemerintah daerah tingkat 1 Provinsi Banten yang telah menjawab kebutuhan pembelajaran siswa yang cerdas istimewa berbakat istimewa (CIBI). Adapun ciri anak cerdas istimewa berbakat istimewa terintegrasi dalam tiga ciri utama yaitu: (1) Kemampuan di atas rata-rata, (2) Kreativitas, (3) Pengikatan diri atau bertanggung jawab terhadap tugas. Ketiga ciri tersebut merupakan faktor internal. Untuk pencapaian prestasi istimewa tersebut dibutuhkan lingkungan pembelajaran yang mendukung seperti: motivasi orangtua, layanan pembelajaran yang meliputi guru pengajar, sarana-prasarana pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan anak cerdas istimewa berbakat istimewa. Salah satu bentuk layanan pembelajaran yang diberikan bagi anak cerdas istimewa berbakat istimewa adalah Program Akselerasi. Adapun identifikasi utama penyelenggraraan program ini adalah: (1) Bagaimana Sistem pembelajaran yang diberikan, (2).Bagaimana kurikulum atau materi pendidikannya, (3) Bagaimana kualifikasi pengajar. Sementara prinsip Program Akselerasi adalah belajar melibatkan seluruh pikiran dan tubuh, kreatif dan mandiri yang berorientasi pada tujuan memberikan layanan pembelajaran yang dipercepat sesuai tingkat pemahaman materi sehingga anak mampu menempuh waktu belajar formal lebih cepat dari Program reguler (biasa).Metodologi penelitian ini adalah studi kasus, dimana penelitian mendeskripsikan kondisi pembelajaran Program Akselerasi yang ivsebenarnya, menyeluruh, luas dan mendalam tanpa melakukan intervensi dari peneliti yang mengacu pada empat Standar Objektif pelaksanaan Program Akselerasi yaitu: (1) Analisis lingkungan program, (2) Strategi dan Desain program, (3) Implementasi program, dan (4) Pencapaian program. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah: 1) Identifikasi masalah, (2) Pelaksanaan penelitian, (3) Penyusunan laporan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Seluruh data dianalisis melalui tahap mengumpulkan data, reduksi, penyajian dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan kriteria: (1) Derajat kepercayaan, (2) Keberalihan, (3) Kebergantungan, (4) Kepastian.Dari hasil analisis temuan penelitian lapangan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Program Akselerasi di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan menunjukan persentase kelayakan kinerja dalam mengelola pembelajaran Program Akselerasi sudah mencapai 90 %.Hal ini diindikasikan dengan : (1) Proses rekruitmen calon siswa yang ketat, (2) Guru pengajar yang memiliki kompetensi kelayakan mengajar yang dilihat dari kelengkapan administrasi, minat, rasa bangga mengajar pada Program Akselerasi meskipun tanpa kompensasi penambahan honor, (3) Kurikulum yang berdiferensiasi, (4) Sarana dan Prasarana yang memadai dan 90 % layak pakai, (5) Kalender akademik terakselerasi, (6) Proses pembelajaran pada kategori tinggi, (7) Hasil ujian akhir semester siswa 100 % di atas KKM, (8) Kelulusan siswa pada Ujian Nasional 100 % dengan rata-rata nilai di atas 8,00. Upaya tersebut menunjukkan wujud keseriusan Pihak sekolah dalam mengelola Program Akselerasi untuk
meningkatkan kualitas layanan pembelajaran Program Akselerasi di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Adapun rekomendasi peneliti dari temuan ini adalah penelitian ini seharusnya dilakukan berkesinambungan untuk menggali informasi, masalah internal dan eksternal serta solusi dari masalah pada pelaksanaan Program Akselerasi di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan terutama minat siswa Program Akselerasi yang masih kurang terhadap vkegiatan ekstrakurikuler dan serapan kelulusan di PTN dan Perguruan Tinggi swasta unggulan baik melalui jalur SNMPTN maupun mandiri.
Kata Kunci : Pelaksanaan Program Akselerasi, Standar objektif Program Akselerasi
Bibliografi : lembar 181-183
TM00004540 | TM 4540 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain