Text
Pengaruh metode the six thinking hats dalam bimbingan klasikal untuk meningkatkan emotional literacy : studi eksperimen terhadap peserta didik kelas VII di SMP Dharma Putra Nusantara 86 Jakarta
PENGARUH METODE THE SIX THINKING HATS DALAM BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN EMOTIONAL LITERACY (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMP Dharma Putra Nusantara 86 Jakarta)
Ayu Herdiyani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode the six thinking hats dalam bimbingan klasikal untuk meningkatkan emotional literacy peserta didik kelas VII di SMP Dharma Putra Nusantara 86 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini populasinya berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan melalui aspek-aspek emotional literacy yang dikemukakan Claude Steiner tahun 2003. Teknik analisis data untuk memperoleh gambaran emotional literacy menggunakan statistik deskriptif berupa persentase dan teknik analisis data untuk uji hipotesis membandingkan kedua rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian diketahui bahwa emotional literacy peserta didik saat pretest adalah 3% pada kategori sangat rendah, 38% pada kategori rendah, 38% pada kategori sedang, 17% pada kategori tinggi, dan 3% pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian berupa gambaran emotional literacy peserta didik saat posttest adalah 3% pada kategori sangat rendah, 14% pada kategori rendah, 52% pada kategori sedang, 17% pada kategori tinggi, dan 14% pada kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan membandingkan kedua rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata kelompok eksperimen meningkat sebesar 11% setelah dilakukan eksperimen, sedangkan pada kelompok kontrol meningkat 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan emotional literacy peserta didik yang mendapatkan bimbingan klasikal menggunakan metode the six thinking hats lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang mendapatkan bimbingan klasikal menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu, peserta didik serta guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan metode the six thinking hats yang digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan emotional literacy peserta didik.
Kata kunci: emotional literacy, bimbingan klasikal, metode the six thinking hats. Bibliografi : lembar 94-96
SS00012996 | SK 12996 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain