Text
Pengaruh permainan trampolin terhadap pengurangan perilaku hipoaktif pada siswa Tunaganda : penelitian single subject research di kelas pelayanan dini, SLB-G Rawinala, Jakarta Timur
PENGARUH PERMAINAN TRAMPOLIN TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU HIPOAKTIF PADA SISWA TUNAGANDA (Subject Single Research di Kelas Pelayanan Dini, SLB-G Rawinala, Jakarta Timur) (2017)
Indah Parwitasari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan trampolin terhadap pengurangan perilaku hipoaktif siswa tunaganda di kelas pelayanan dini, SLB G Rawinala. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan sistem pencatatan kejadian atau frekuensi, yaitu dengan cara memberi tanda pada keenam perilaku hipoaktif yang terjadi di periode waktu observasi yang telah ditentukan. Adapun penelitian dilakukan menggunakan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif sehingga terjadi pengurangan terhadap perilaku hipoaktif pada siswa dengan pengumpulan data yang diperoleh pada saat intervensi dan baseline A2. Hasil ini adalah suatu upaya untuk meningkatkan perilaku aktif siswa tuna ganda di SLB-G Rawinala Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian adalah dapat diketahui bahwa pelaksanaan permainan trampolin membawa pengaruh terhadap pengurangan perilaku hipoaktif pada siswa tunaganda kelas pelayanan dini. Hal ini menunjukkan bahwa permainan trampolin dapat digunakan dalam meningkatkan perilaku aktif siswa tunganda.
Kata Kunci: Pelaksanaan Permainan Trampolin, Perilaku Hipoaktif, siswa tunagandaBibliografi : lembar 150-153
SS00012998 | SK 12998 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain