Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman bilangan melalui kegiatan bermain koin pada usia 4-5 tahun : penelitian tindakan kelas di kelompok A TK Negeri Cilacap Menteng Jakarta Pusat
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BILANGAN TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KOIN PADA USIA 4 – 5 TAHUN
(Penelitian Tindakan Kelas TK Negeri Cilacap Menteng, Jakarta Pusat)
(2017)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bilangan pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Negeri Cilacap Menteng, Jakarta Pusat melalui kegiatan bermain koin. Subjek pada penelitian ini adalah 11 anak yang berusia 4-5 tahun Kelompok A di TK Negeri Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok A TK Negeri Cilacap Menteng, Jakarta Pusat yang kemampuan pemahaman bilangannya masih rendah dengan jumlah sebanyak 11 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71% dari jumlah anak mengalami peningkatan. Hasil analisis data pada praintervensi di dapat presentase 54%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 65,1% dengan keterangan bahwa semua anak mengalami peningkatan. Data yang diperoleh pada siklus I dijadikan acuan dalam melakukan tindakan pada siklus II untuk melihat kestabilan dan konsistensi peningkatan kemampuan. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 77,7% dengan keterangan semua anak mengalami peningkatan. Berdasarkan keberhasilan yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan pemahaman bilangan anak usia dini dapat meningkat dengan kegiatan bermain manipulatif yang menggunakan media nyata untuk pembelajarnnya dan membangun motivasi
Kata kunci : kemampuan pemahaman bilangan, bermain manipulatif, anak-anak Bibliografi : lembar 182-186
SS00013000 | SK 13000 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain