Text
Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui kegiatan bermain peran : penelitian tindakan kels di kelompok B TK Wana Jaya, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Kegiatan Bermain Peran
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Wana Jaya, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan)
(2017)
Nina Rosita
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak di TK Wana Jaya. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Wana Jaya sebanyak 5 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan dengan instrumen, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis data kuantitatif diperoleh prosentase kemampuan pemecahan masalah sebesar 72,9% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus II melebihi 71% maka hipotesis diterima. Hasil analisis kualitatif membuktikan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Anak mampu aktif mendengarkan, melakukan negosiasi, menetapkan batasan, memahami lingkungan dan afirmasi. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak di TK Wana Jaya Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Kegiatan Bermain Peran
Bibliografi : lembar 147-148
SS00013001 | SK 13001 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain