Text
Studi kasus penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan menjahit di PKBM Negeri 16 Rawasari tahun 2016
STUDI KASUS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA JENIS KETERAMPILAN MENJAHIT DI PKBM NEGERI 16 RAWASARI TAHUN 2016
(2016)
Ayu Astriani Purnamayati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesesuaian penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan menjahit di PKBM Negeri 16 Rawasari dengan petunjuk teknis program Pendidikan Kecakapan Wirausaha tahun 2016.
Pendekatan metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, yang merujuk pada metode studi kasus sukses Brinkerhoff. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan codes and coding dan membuat laporan hasil wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan menjahit di PKBM Negeri 16 Rawasari belum sesuai dengan petunjuk teknis program PKW tahun 2016. Dikatakan belum sesuai karena 4 dari 6 tahap pelaksanaan model Six-Stage tidak dilakukan dengan baik. Oleh sebab itu, pengelola diharapkan menyelenggarakan program mengacu kepada petunjuk teknis program PKW yang sudah diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.
Kata Kunci : Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), jenis keterampilan menjahit, kesesuaian, petunjuk teknis program PKW tahun 2016. Bibliografi : lembar 101-102
SS00013003 | SK 13003 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain