Text
Pengaruh teknik homework assignment untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa korban bullying : single subject research pada kelas VIII di SMP Negeri 7 Jakarta
PENGARUH TEKNIK HOMEWORK ASSIGNMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KORBAN BULLYING (Single Subject Research terhadap siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7
Jakarta Timur)
(2017)
Rica Maharani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh teknik homework assignment terhadap peningkatan kepercayaan diri korban bullying. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebanyak satu orang yang berinisial SP. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu responden diambil dengan tujuan tertentu yaitu memiliki kepercayaan diri rendah karena bullying. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Kepercayaan Diri. Hasil penelitian menunjukkan intervensi pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy menggunakan teknik Homework Assignment dapat meningkatkan kepercayaan diri. Terbukti dari persentase kepercayaan diri SP yang mengalami peningkatan dengan skor 34.1% dibandingkan sebelum diberikan intervensi sebesar 19.25%. Hasil ini memberikan implikasi positif bahwa kepercayaan diri perlu diperhatikan karena individu yang memiliki kepercayaan diri tinggi dapat memiliki fungsi yang baik dalam mengatasi masalah yang terdapat di lingkungan untuk mencapai aktivitas sosial yang baik.
Kata Kunci : Pendekatan REBT, Teknik Homework Assignment, Kepercayaan Diri, Bullying
Bibliografi : lembar 128-131
SS00013014 | SK 13014 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain