Text
Pendidikan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 26 Jakarta
PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 26 JAKARTA (2017) EVITHA SORAYA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan informasi nyata mengenai implementasi praktek kerja industri di SMKN 26. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di sekolah menengah kejuruan negeri 26 Jakarta dari bulan Oktober 2016 sampai dengan Januari 2017. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi praktek kerja industri terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dimulai dengan pembentukan pokok kerja (pokja) sebagai satuan unit kerja yang bertugas untuk memetakan siswa dan menjalin komunikasi dengan pihak industri. Pelaksanaan praktek kerja industri dimulai dengan pengiriman peserta didik ke dunia usaha atau dunia industri, serta pelaksanaan monitoring rutin oleh guru pembimbing. Evaluasi praktek kerja industri terdiri dari evaluasi formatif (monitoring) dan evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif dilaksanakan dalam tiga bentuk kegiatan, yakni pembuatan dan penyajian laporan praktek kerja industri, uji kompetensi keahlian tertulis, dan uji kompetensi keahlian praktek. Kata Kunci: praktek kerja industri, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Bibliografi : lembar 115-117
TM00002414 | TM 2414 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain