Text
Pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN di Jakarta Timur
PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI JAKARTA TIMUR
(2017)
ABSTRAK
JIA ILHAMIA
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui data secara empiris tentang pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN di Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN sebanyak 58 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Multistage Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes tertulis bentuk uraian. Instrumen tersebut diuji dengan pengujian normalitas dan homogenitas dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan analisis dengan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 9,43, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dengan ttabel 1,67. Artinya, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh positif pendekatan open ended terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD. Hasil ini menujukkan bahwa open ended dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam mengembangkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: pendekatan open ended, kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 80-82
SS00013018 | SK 13018 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain