Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui teknik menulis terbimbing (guided writing) pada siswa kelas III SDN Malaka Jaya 09 Pagi Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI TEKNIK MENULIS TERBIMBING (GUIDED WRITING) PADA SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 09 PAGI JAKARTA TIMUR (2017)
Setyo Purnomo
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah teknik menulis terbimbing (Guided Writing) pada siswa kelas III di SDN Malaka Jaya 09 Pagi Durensawit, Jakarta Timur dapat diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan menulis narasi. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Malaka Jaya 09, Jakarta Timur sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 orang siswa dan 12 orang siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan McTaggart. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas ialah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik Menulis Terbimbing (Guided Writing) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Pada siklus I sebanyak 16 siswa mendapat nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar 66,66%. Pada siklus II sejumlah 20 siswa memperoleh nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar 83,33%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 80% sementara aktivitas siswa mencapai 73,33%. Pada siklus II telah terjadi peningkatan yang baik dari aktivitas guru sebesar 93,33% dan aktivitas siswa sebesar 83,33%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa dapat meningkat melalui Teknik Menulis Terbimbing (Guided Writing).
Kata Kunci: keterampilan menulis narasi, teknik menulis terbimbing
Bibliografi : lembar 119-121
SS00013020 | SK 13020 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain