Text
Analyzing cultural contents in student'"s book of curriculum 2013 for Senior High School
ABSTRAK
KARTIKA RAMADHANI. 2017. Analisis Muatan Budaya di dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan budaya di dalam buku siswa kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisa konten dimana buku siswa dari kelas sepuluh dan kelas sebelas digunakan. Untuk mengumpulkan data rubrik tipe kultur dari Cortazzi dan Jin dan aspek kultur dari Dweik dan Al-Sayyed digunakan sebagai instrument penelitian. Hasil dari lembar kerja tersebut kemudian dihitung dan diubah kedalam data persentase. Penulis kemudian mentafsirkan data tersebut berdasarkan kategori yang dibuat dengan didukung oleh referensi referensi akademik dan juga dari hasil penelitian penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa informasi budaya didalam buku siswa kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas ditunjukkan melalui aspek kebiasaan sosial. Sementara itu, tipe budaya yang dimuat pada buku ini paling banyak ditunjukan oleh budaya sumber (budaya Indonesia) 52%, dan diikuti oleh budaya target (budaya Amerika dan Inggris) sebesar 43%, sementara budaya internasional tidak sering dimunculkan (5%). Sebagai tambahan, hasil peneltian ini mendukung tujuan dari Sistem Pendidikan Nasional yang mana pembentukan karakter dapat disampaikan melalui budaya nasioanal dalam hal ini buku siswa dapat menjadi media untuk pembelajaran.
Kata kunci: konten kultur, tipe kultur, aspek kultur, buku siswa, kurikulum 2013. Bibliografi : lembar 59-61
SS00013046 | SK 13046 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain