Text
Strategi belajar bahasa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis pada mata kuliah maitrise de language I
ABSTRAK
RIDHO ALAMANDA, 2017. Strategi Belajar Bahasa Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis di Kelas Maîtrise de Langue I. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
Penelitian mengenai strategi belajar bahasa asing ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai strategi belajar yang digunakan pada mahasiswa di kelas Maîtrise de Langue I. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengunaan strategi belajar bahasa mahasiswa pada kelas Maîtrise de Langue I. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai strategi belajar yang dominan digunakan oleh mahasiswa secara umum.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan desain survei dan instrumen berupa kuesioner. Objek yang diteliti ialah mahasiswa pendidikan bahasa Prancis pada kelas Maîtrise de Langue I. Penelitian ini memfokuskan kepada analisis strategi belajar yang terbagi menjadi tiga jenis yaitu strategi metakognitif, strategi kognitif dan strategi sosio-afektif.
Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menyusun kuesioner yang mengacu kepada teori strategi belajar yang digunakan. Kuesioner ini menggunakan skala Likert untuk mengukur frekuensi penggunaan strategi belajar mahasiswa. Kemudian, kuesioner tersebut didistribusikan untuk diuji validitas dan reliabilitas menggunakan model Rasch. Setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel, kuesioner didistribusikan kepada mahasiswa kelas Maîtrise de Langue I untuk mendapatkan data penelitian. Langkah selanjutnya ialah penyajian data ke dalam bentuk chart berdasarkan jenis-jenis strategi belajar yang telah ditentukan. Langkah terakhir dilakukan dengan menarik kesimpulan. Pada bagian ini dilakukan interpretasi data yang telah didapatkan dan menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sosio-afektif merupakan strategi belajar bahasa yang dominan digunakan oleh mahasiswa di kelas Maîtrise de langue I. Selanjutnya, strategi kognitif berada di dalam urutan kedua. Di urutan ketiga, strategi metakognitif merupakan strategi yang paling rendah frekuensi penggunaanya.
Kata Kunci: srategi belajar bahasa, kognitif, metakognitif, sosio-afektif, kuesioner. Bibliografi : lembar 64-65
SS00013051 | SK 13051 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain