Text
Keterampilan menulis Bahasa Prancis siswa di SMA Negeri 68 Jakarta : suatu penelitian studi kasus terhadap satu orang siswa di SMA Negeri 68 Jakarta
ABSTRAK
STEFANY CLAUDIA HUTAPEA. 2017. Keterampilan Menulis Bahasa Prancis di SMA Negeri 68 Jakarta (Suatu Penelitian Studi Kasus terhadap Satu Orang Siswa di SMA Negeri 68 Jakarta). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis seorang siswa. Keterampilan menulis bahasa Prancis yang dimiliki siswa kemungkinan besar dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang berasal dari dalam diri maupun dari luar siswa. Untuk mengkaji faktor-faktor tersebut diperlukan teori yang mendukung penelitian yaitu “Facteurs qui influencent l’apprentissage scolaire” dari Pauline Minier yang menyatakan adanya faktor internal dan faktor eksternal yang berasal dari siswa.
Prosedur penelitian mengacu pada protokol studi kasus yang dipaparkan oleh Robert K.Yin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus sehingga instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis. Subyek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XII (AM) di SMA Negeri 68 Jakarta. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis siswa, dilakukan observasi di sekolah dan rumah siswa, kemudian juga dilakukan wawancara kepada siswa yang bersangkutan, guru pengampu bahasa Prancis, dan orang tua siswa. Seluruh hasil observasi dicatat ke dalam catatan lapangan dan hasil wawancara diubah ke dalam bentuk transkrip. Setelah seluruh data terkumpul, maka dilakukan analisis menggunakan analisi perjodohan pola yaitu, membandingkan pola yang didasarkan atas empiri dengan pola yang diprediksikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan menulis seorang siswa dipengaruhi oleh faktor internal dalam tataran kognitif serta tataran konatif dan faktor eksternal meliputi konteks kelas, karakteristik guru, konteks keluarga dan konteks sosial. Kedua faktor ini saling melengkapi satu dengan yang lainnya dan saling berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar keterampilan menulis siswa. Penelitian ini merupakan studi kasus yang meneliti seorang siswa, maka penelitian selanjutnya disarankan dapat meneliti satu kelas dan dapat mengkaji keterampilan berbahasa lainnya seperti berbicara, membaca dan menyimak.
Kata kunci : faktor eksternal, faktor internal, keterampilan menulis. Bibliografi : lembar 125-126
SS00013057 | SK 13057 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain