Text
Upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E : Engagement, Exploration, Elaboration,Explanation, dan Evaluation pada kelas VIII-4 di SMP Negeri 201 Jakarta
FAHMADIYAH ANNISSA NURUL HIDAYAH. Upaya Meningkatkan
Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran
Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan
Evaluation) Pada Kelas VIII-4 di SMP Negeri 201 Jakarta.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi
matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E
(Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation) pada kelas
VIII-4 di SMP Negeri 201 Jakarta dengan materi Pythagoras . Pada penelitian ini,
peneliti menggunakan tiga indikator kemampuan koneksi matematis, yaitu
mengenali dan memanfaatkan hubungan antar obyek dan konsep matematika,
menuliskan konsep yang mendasari jawaban, dan mengenali serta menerapkan
matematika dalam konteks-konteks di luar matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana hasilnya berupa laporan naratif berisi
deskripsi proses kegiatan berdasarkan yang terjadi dilapangan, sebagai bahan
kajian lanjut untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Tindakan
penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus berisi 2 kali
pertemuan dengan penerapan model pembelajaran, dan 1 pertemuan untuk tes
akhir setiap siklus. Tes akhir siklus akan digunakan untuk mengukur peningkatan
kemampuan koneksi matematis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis yang dialami oleh siswa
kelas VIII-4 SMP Negeri 201 Jakarta setelah dilakukan penerapan model
pembelajaran Learning Cycle 5E. Pernyataan tersebut didasari dari hasil yang
telah diberikan setiap akhir siklus, pada awal siklus ke siklus I, 100% subjek
penelitian (SP) mengalami peningkatan. Siklus I ke siklus II, 83% subjek
penelitian mengalami peningkatan, kecuali SP3 tetap sama dengan nilai 75.
Sedangkan pada siklus II ke siklus III, 83% dari subjek penelitian meningkat
kecuali SP2 yang mengalami sedikit penurunan dari 100 menjadi 95. jika pada tes
awal siklus nilai rata-rata siswa hanya 24.71, pada siklus I meningkat menjadi
69.56, siklus II menjadi 78.59 dan pada siklus III menjadi 81.03. Peningkatan
terjadi kepada 100% siswa pada tes awal siklus ke siklus I, 90.63% siswa pada
siklus I ke siklus II, dan 92% siswa pada siklus II ke siklus III.
Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran Learning
Cycle 5E, Pythagoras.Biblioigrafi : lembar 104-106
SS00013070 | SK 13070 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain