Text
Pengaruh pembelajaran matematika dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK Negeri 53 Jakarta
ABSTRAK
KHOERONNISA BARKIYAH, Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Negeri 53 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TAV-3 dan X TP-1 di SMK Negeri 53 Jakarta semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan menentukan kelas eksperimen (model pembelajaran problem based learning) dan kelas kontrol (model pembelajaran konvensional) dari lima kelas yang dipilih secara acak. Kedua kelas yang telah dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis pada pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear sebanyak empat soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.55800 yang termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan perhitungan data penelitian, kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji- dengan varians yang sama. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai thitung = 1.75040 dan ttabel = 1.66827. Nilai thitung lebih dari ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi α = 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional Bibliografi : lembar 59-61
SS00013071 | SK 13071 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain