Text
Pengembangan buku pengayaan pengetahuan "PETIR" untuk siswa SMA
ABSTRAK
RUGUN IVANIA LAUDES, NIM: 3215126565. Pengembangan Buku
Pengayaan Pengetahuan “Petir” Untuk Siswa SMA. Skripsi. Jakarta:
Program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, September 2016
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku pengayaan pengetahuan
yang layak untuk beberapa materi yang terkait dengan fisika terutama
listrik statis. Kelayakan diukur mengacu pada indikator yang telah
ditetapkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (PUSKURBUK) yaitu; materi,
penyajian, bahasa dan grafika. Metode yang yang diterapkan adalah
penelitian pengembangan yang mengacu pada rumusan Dick and Carey
yang telah dimodifikasi oleh Atwi Supratman. Telah dilakukan survey ke
SMA dan toko buku di Jakarta, hasil survey yang didapat yaitu terdapat
buku pengayaan yang membahas tentang petir, namun hanya berupa
bagian dari ilmu pengetahuan popular, belum membahas secara spesifik
konsep fisikanya. Mengacu pada hasil survey, ditulis buku pengayaan
pegetahuan dengan bahasa yang komunikatif dan dilengkapi dengan
penyajian gambar yang memudahkan memahami penjelasan konsep
fisika. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 83,5%, pembelajaran
82,5%, media 85%, dan grafika 82%. Berdasarkan uji kelayakan dari para
ahli diperoleh interprestasi “sangat baik”. Uji efektifitas diperoleh skor gain
sebesar 0,53 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji
kelayakan dan uji efektifitas, buku pengayaan dinyatakan layak digunakan
sebagai bahan pengayaan untuk materi listrik statis.
kata kunci : Buku Pengayaan Pengetahuan, Petir, Listrik Statis Bibliografi : lembar 78-79
SS00013076 | SK 13076 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain