Text
Evaluasi program teachers training pada lembaga London School Centre for Autism Awareness Jakarta
ABSTRAK
Lito Octaris. Evaluasi Program Teachers Training Pada Lembaga London School Centre For Autism Awareness Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi Pembangunan, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Teacher’s Training menggunakan perspektif evaluasi program Reidar Dale. LSCAA selaku lembaga yang merencanakan serta menjalankan program memiliki materi yang berbeda di setiap kegiatannya. Pada awalnya program ini bertujuan untuk membekali pengajar – pengajar sekolah dasar dalam program pemerintah yaitu sekolah inklusi yang sudah diterapkan. Adanya penelitian inipun bertujuan keefektifitasan program serta manfaat yang ada pasca dilakukannya program Teacher’s Training. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan subjek penelitian, yaitu staff lembaga LSCAA, Kepala bagian yang berada di LSCAA, serta Pengajar yang mengajar di SDN Slipi 18 Pagi. Pengumpulan data penelitian ini melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini menjelaskan bagaimana program Teachers Training dianalisis dengan perspektif evaluasi program Reidar Dale yang memiliki enam poin yaitu. Relevansi, efektivitas, dampak, efisiensi, keberlanjutan, dan replikabilitas. Berdasarkan temuan penelitian, relevansi program ini adalah kepada kebutuhan guru dalam menghadapi ABK di dalam kelas. Efektivitas program ini dapat dikatakan berhasil karena berdasarkan tujuan program, program ini dapat membekali guru – guru Sekolah dasar inklusi. Dampak diadakannya program ini adalah dikatakan bahwa berhasil karena dapat mengubah guru tersebut. Efisiensi program ini adalah dilihat dari hemat waktu biaya dan tenaga, ketiga aspek tersebut telah berhasil. keberlanjutan program in adalah program ini terus berkalnjutan sampai sekarang dari sejak berdirinya LSCAA pada tahun 2008. replikabilitas program ini adalah mempunyai dua lembaga yang mempunyai kesamaan program. secara keseluruhan program Teacher’s Training dapat dikategorikan memuaskan, karena temuan penelitian menunjukkan bahwa program tersebut memiliki tingkat relevansi, efektifitas, dampak, efisiensi, keberlanjutan dan replikabilitas yang cukup baik. Kata Kunci: LSCAA, Teacher’s Training, Perspektif Evaluasi Program Reidar Dale
Bibliografi : lembar 83-84
SS00013084 | SK 13084 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain