Text
Pembelajaran keterampilan budidaya perikanan bagi penyandang disabilitas : penyandang tunagrahita dan slow learner di Rumah Kampus
ABSTRAK
Ria Ariyani. Pembelajaran Keterampilan Budidaya Perikanan Bagi Penyandang Disabilitas (Penyandang Tunagrahita dan Slow Learner di Rumah Kampus). Skripsi: Jakarta, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai proses pembelajaran keterampilan budidaya perikanan yang dilakukan oleh Rumah Kampus. Penelitian ini juga ingin mengetahui apakah Rumah Kampus dapat mewakili sebagai lembaga pendidikan bagi penyandang tunagrahita dan slow learner atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang berusaha menggambarkan pembelajaran keterampilan vokasional, khususnya keterampilan budidaya perikanan bagi penyandang disabilitas. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan kepada 7 informan, seperti pendiri Rumah Kampus, pengurus Rumah Kampus, dosen mata kuliah perikanan dan mahasiswa Rumah Kampus. Data digunakan untuk mengelaborasi konsep-konsep yang digunakan dengan kondisi di lapangan.
Berdasarkan hasil dari penelitian, program pembelajaran keterampilan budidaya perikanan yang dilakukan di Rumah Kampus bertujuan agar dapat mengembangkan potensi dan kemampuan penyandang disabilitas, juga dapat mengaplikasikan keterampilan yang telah diberikan selama belajar di Rumah Kampus melalui produksi lele, sehingga pembelajaran keterampilan ini dapat membekali penyandang disabilitas keterampilan vokasional yang bermanfaat pasca sekolah. Model pembelajaran budidaya perikanan yang digunakan oleh pengajar sudah sesuai dengan kondisi penyandang tunagrahita dan slow learner, seperti model pembelajaran individual, klasikal dan konstektual. Dan upaya penanganan bagi penyandang tunagrahita dan slow learner pun menggunakan occupation therapy yang berupa terapi untuk melatih gerak fungsional anggota tubuh, life skill yang merupakan pendidikan keterampilan, dan juga vocational therapy yang merupakan pelatihan kerja seperti memproduksi lele. Dengan begitu, dapat terlihat bahwa Rumah Kampus dapat mewakili sebagai lembaga pembelajaran keterampilan bagi penyandang tunagrahita dan slow learner.
Kata Kunci: Pembelajaran Budidaya Perikanan, Penyandang Disabilitas Bibliografi : lembar 102-105
SS00013086 | SK 13086 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain