Text
Strategi berkembang usaha mikro dalam menunjang perekonomian keluarga : studi kasus penjualan camilan bermerk "Cap Kembar" di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
ABSTRAK
Aulia Nandani Nurmita Putri. Strategi Berkembang Usaha Mikro Dalam Menunjang Perekonomian Keluarga. Studi Kasus: Penjualan Camilan Bermerk “Cap Kembar” Di Kabupaten Pacitan, JawaTimur). Skripsi, Jakarta, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai sektor informal berupa usaha camilan yang mampu bersaing dengan usaha camilan lainnya yang berada di Pacitan, Jawa Timur. Selain itu bertujuan untuk mengetahui pola strategi yang dibuat oleh pemilik usaha camilan cap kembar sehingga penelitian ini menjabarkan mengenai bagaimana strategi berkembang yang dilakukan oleh penjual hingga camilan tersebut dapat berkembang hingga sekarang dan melihat manfaat adanya sebuah usaha camilan tersebut bagi kehidupan sosial ekonomi yang bekerja di usaha tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Untuk usaha memperoleh data dalam pendekatan kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pemilik usaha camilan bermerk cap kembar dan para pekerjanya. Dengan adanya wawancara tersebut peneliti dapat berinteraksi langsung dengan informan. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Subjek dalam penelitian ini dibagi dua, yakni informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci adalah Pemilik Usaha Camilan Cap Kembar dan informan pendukung adalah para karyawan yang terdiri dari 5 orang. Teknik pengumpul data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian di lapangan, peneliti mendapatkan berbagai hasil temuan penelitian. Pertama selama 17 tahun berjalan usaha camilan milik Ibu Sutinah mengalami pasang surut. Pasang surut yang dialami oleh Ibu Sutinah dalam usahanya adalah adanya persaingan, mengalami penolakan oleh pemilik toko makanan dan tidak diberi izin untuk menjual camilan, camilan tersebut tidak adanya nomor izin pangan industri rumah tangga. Mengalami pasang surut tersebut Ibu Sutinah membuat strategi usaha camilan supaya berkembang dengan cara membentuk jaringan sosial dengan Dinas Kesehatan membuat nomor pangan industri rumah tangga, selain itu dengan penjual bahan baku dalam pembuatan camilan. Temuan keduanya itu dengan adanya Usaha Camilan Cap Kembar dapat bermanfaat untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian keluarga bagi pemilik usaha maupun karyawan.
Kata Kunci: Sektor Informal, Strategi Berkembang, Jaringan Sosial Bibliografi : lembar 92-93
SS00013088 | SK 13088 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain