Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Learning Moodle terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sistem operasi pada kelas X TKJ di SMK Hang Tuah2 Jakarta
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI PADA KELAS X TKJ DI SMK HANG TUAH2 JAKARTA
REVA SITI ARDHITA
ABSTRAK
Penelitian bertujuan adalah untuk pembuatan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle untuk menghasilkan nilai belajar siswa dalam mata pelajaran sistem operasi pada kelas X TKJ meningkat, membuat siswa X TKJ dapat dengan mudah mengakses media pembelajaan di luar kelas dan dimana pun siswa berada, memudahkan guru untuk mengontrol sistem pembelajaran siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai dengan Januari 2017. Media pembelajaran e-learning Moodle diterapkan dikelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning pada kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu dengan memperlakukan dua kelas dengan perlakuan atau tindakan yang berbeda.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media pembelajaran e-learning Moodle dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning Moodle pada mata pelajaran Sistem Operasi Kelas X TKJ di SMK Hang Tuah2 Jakarta yang dibuktikan dengan hasil analisis data (uji-t) yaitu diperoleh nilai thitung = 3,01 dan ttabel = 1,714 karena thitung > ttabel yaitu 3,01 > 1,714, maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak. Siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran e-learning.
Kata Kunci : e-learning, Moodle, Hasil belajar, Media Pembelajaran. Bibliografi : lembar 43
SS00013153 | SK 13153 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain