Text
Evaluasi program pengembangan profesionalisme guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS di Kabupaten Bogor : penerapan evaluasi program goal orientied approach modl Ralph W. Tyler
EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPS DI KABUPATEN BOGOR
(Penerapan Evaluasi Program Goal Oriented Approach
Model Ralph W. Tyler)
NINA PRASETIANA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pengembangan profesionalisme guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di kabupaten Bogor. Penelitian menggunakan model evaluasi berbasis tujuan dari Ralph W. Tyler, evaluasi ini berorientasi pada ketercapaian tujuan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, angket dan wawancara dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil olah datanya dibandingkan dengan kriteria keberhasilan yang digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini berorientasi pada tujuan yang meliputi beberapa komponen, diantaranya: (1) komponen input yang meliputi komponen keaktifan dari Program Pengembangan Profesionalisme guru melalui MGMP di kabupaten Bogor, dan (2) komponen output yang meliputi komponen meningkatnya kompetensi guru.
Berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh dalam penelitian ini, maka program pengembangan profesionalisme guru melalui MGMP IPS yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor telah sesuai dengan tujuan dari program pengembangan profesionalisme guru, namun terdapat beberapa komponen evaluasi yang ketercapaian tujuannya belum tercapai, oleh karena itu perlu dilanjutkan dan diperbaiki serta ditingkatkan.
Kata kunci: evaluasi program, pengembangan profesionalisme guru, model goal oriented Ralph W. Tyler
Bibliografi : lembar 117-119
TM00004976 | TM 4976 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain