Text
Evaluasi media pembelajaran video interaktif pembuatan rok lingkar dengan teknik draping
ABSTRAK
Hani Rahmawati. Evaluasi Media Pembelajaran Video Interaktif
Pembuatan Rok Lingkar dengan Teknik Draping. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis data tentang
evaluasi media pembelajaran video interaktif pembuatan rok lingkar dengan
teknik draping berdasarkan aspek materi dan media. Penelitian dilakukan di
Program Studi Tata Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental one shot case
study. Peneliti membuat sebuah media pembelajaran dalam bentuk CD yang
menggabungkan beberapa komponen seperti layout, teks, gambar, audio, video
dan animasi. Pembuatan CD ini melalui beberapa tahap yaitu menentukan tema,
mengumpulkan dan menyusun materi draping khususnya rok lingkar sesuai
dengan silabus perkuliahan, membuat kerangka media (story board), dan pada
proses terakhir yaitu pembuatan media pembelajaran video interaktif. Media
pembelajaran yang dibuat selanjutnya memasuki tahap validasi, kemudian
penilaian evaluasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media serta diperlihatkan
kepada 30 mahasiswa tata busana yang sedang mengikuti mata kuliah draping
untuk diketahui pendapatnya sebagai pengguna media. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif dengan penilaian rating scale.
Hasil evaluasi media pembelajaran video pembuatan rok lingkar dengan
teknik draping menunjukkan bahwa media ini sudah baik untuk digunakan.
Kesimpulan ini didapat dengan adanya penilaian dari dua panelis ahli materi, dua
panelis ahli media dan diperkuat dari hasil angket mahasiswa sebagai pendapat
pengguna vidio interaktif.
Panelis ahli materi memberikan total skor sebesar 84 dan menghasilkan
penilaian dalam bentuk persentase sebesar 87,5%. Penilaian ahli materi ini
berdasarkan aspek kriteria media pembelajaran yang baik pada kesesuaian materi,
keterjangkauan pemakaian media dalam jangka panjang, kemudahan untuk
dipahami, kejelasan gambar, dan kejelasan uraian pembahasan. Panelis ahli
media, memberikan total skor sebesar 76 dan menghasilkan penilian dalam bentuk
presentasi sebesar 86,5%. Penilaian ahli media ini berdasarkan aspek komponen
multimedia pada kejelasan gambar dan ketepatan pemilihan backsound.
Maahasiswa sebagai pendapat pengguna memberikan total skor jawaban sebanyak
243 dan menhasilkan penilaian dalam bentuk persentase sebesar 51% yang
menyatakan bahwa media pembelajaran video interaktif ini sudah baik.
Kata kunci : evaluasi, media pembelajaran, draping, rok lingkar Bibliografi : lembar 123-124
SS00013096 | SK 13096 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain