Text
Evaluasi media pembelajaran videotutorial pada mata kuliah draping
ABSTRAK
Noverta Ermafalla.Evaluasi Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Kuliah Draping.Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Busana Jurusan Ilmu Keluarga (IKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi media pembelajaran video tutorial pada mata kuliah draping. Penelitian dilakukan di Program Studi Tata Busana, Jurusan lmu Kesejahteraan Keluarga(IKK), Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Penelitian membuat sebuah media pembelajaran video yang menggabungkan beberapa komponen seperti teks, gambar, audio, dan gambar gerak. Pembuatan video ini melalui beberapa tahap yaitu menentukan tema, merumuskan tujuan, melakukan survey untuk menyiapkan materi pola dasar blus pada mata kuliah draping, membuat garis besar isi, membuat sinopsis, membuat treatment, membuat story board, pengambilan gambar dan proses editing video. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan software adobe Premiere. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimental One Shot case study. Media pembelajaran yang dibuat selanjutnya memasuki tahap validasi dengan dua ahli materi dan dua ahli media serta 39 mahasiswa tata busana yang mengikuti mata kuliah draping untuk diketahui pendapatnya sebagai target pengguna. Hasil penelitian evaluasi media pembelajaran video tutorial dikatakan baik berdasarkan hasil skor penilaian ahli materi 82% dan ahli media 97% yang meliputi aspek desain pembelajaran, media video dan komunikasi visual berdasarkan hasil kuesioner mahasiswa 100% menyatakan media pembelajaran video tutorial sudah baik, dilihat dari segi media pembelajaran dan materi pola dasar blus pada mata kuliah draping.
Kata Kunci : Evaluasi, Media Pembelajaran, Video, Draping Bibliografi : lembar 106
SS00013092 | SK 13092 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain