Text
Penilaian media pembelajaran modul menggambar proporsi tubuh manusia : mata pelajaran desain busana
ABSTRAK
Nindya Aulia Rinanda. Penilaian Media Pembelajaran Modul Proporsi Tubuh Manusia (Mata Pelajaran Desain Busana). Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian media pembelajaran modul menggambar proporsi tubuh manusia. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 24 Jakarta Timur. Penilaian media pembelajaran modul menggambar proporsi manusia ini menggunakan metode eksperimen dengan desain PreExperimental. Bentuk pre-experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case study. Tahap dalam penelitian ini terdiri dari: (1) efektifitas proses pembelajaran, (2) media pembelajaran, (3) modul pembelajaran proporsi tubuh, (4) penilaian oleh panelis ahli dan pengguna, (5) hasil penilaian.
Berdasarkan hasil penilaian dari 2 ahli materi, 2 ahli media dan pendapat pengguna (peserta didik) dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran modul menggambar proporsi tubuh manusia ini sudah dikatakan “baik” terhadap aspek karakteristik media pembelajaran dan kriteria modul pembelajaran. Modul pembelajaran ini dapat diterapkan pada pembelajaran desain yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri di rumah.
Kata kunci: penilaian, media, media pembelajaran, modul, modul penbelajaran, proporsi tubuh.
Bibliografi : lembar 102-103
SS00013193 | SK 13193 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain