Text
Evaluasi media pembelajaran CD interaktif materi kartu nama dan label pada mata kuliah komputer desain : pada Mahasiswa Pendidikan Tata Busana yang telah menempuh mata kuliah komputer desain
ABSTRAK
R. Mega Widjayanti. Evaluasi Media Pembelajaran CD Interaktif Materi
Kartu Nama dan Label Pada Mata Kuliah Komputer Desain. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis data tentang
evaluasi media pembelajaran cd interaktif materi kartu nama dan label pada mata
kuliah komputer desain berdasarkan aspek pedagogik/materi dan media. Penelitian
dilakukan di Program Studi Tata Busana, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga
(IKK), Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental one shot case study.
Peneliti membuat sebuah media pembelajaran dalam bentuk CD dibuat dengan
menggunakan beberapa softwere yaitu corelDRAW X7, Camtasia 8 dan Adobe
Flash CS6. Dengan pemilihan background dan layout sesuai dengan kebutuhan dan
karakteristik dalam media pembelajaran tersebut. Tampilan yang digunakan
sederhana dengan berbagai macam kategori yang sajikan yaitu materi, tutorial
video, galeri gambar, evaluasi dan games. Pembuatan media pembelajaran CD
Interaktif ini melalui beberapa tahap yaitu menentukan tema, mengumpulkan dan
menyusun materi kartu nama dan label sesuai dengan silabus perkuliahan, membuat
kerangka media (story board), dan pada proses terakhir yaitu pembuatan media
pembelajaran CD interaktif.
Hasil evaluasi media pembelajaran CD interaktif dengan materi kartu nama
dan label pada mata kuliah komputer desain menunjukkan bahwa media ini sudah
baik untuk digunakan.berdasarkan penilaian 2 panelis ahli materi dan 2 ahli panelis
media serta 30 mahasiswa tata busana yang pernah mengikuti mata kuliah komputer
desain. Adapun hasil penilaian dari panelis ahli materi berdasarkan perhitungan
skor kriterium adalah 87,9% berdasarkan aspek pedagogik (pembelajaran dan
evaluasi) dan penilaian panelis ahli media berdasarkan perhitungan skor
kriteriumadalah 87,5% berdasarkan aspek media (tehnical quality, useability,
elemen media tekstual dan visual, elemen media audio dan interaktifitas). Serta
diperkuat berdasarkan hasil angket mahasiswa sebagai pendapat pengguna 83%
berdasarkan penggabungan aspek pedagogik dan aspek media (media pembelajaran
CD interaktif, isi materi dan tampilan) menyatakan media pembelajaran CD
interaktif sudah sangat baik.
Kata kunci : evaluasi, media pembelajaran, kartu nama, label, komputer desain. Bibliografi : lembar 129-132
SS00013196 | SK 13196 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain