Text
Pengembangan penilaian kinerja siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi gerak harmonis sederhana
ABSTRAK
Stefanus Reno Saputra. Pengembangan Penilaian Kinerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Gerak Harmonis Sederhana (GHS). Skripsi, Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja siswa berbasis pendekatan saintifik yang valid dan reliabel dalam menilai kinerja siswa pada kegiatan percobaan Gerak Harmonis Sederhana (GHS). Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang dirumuskan oleh Reiser and Mollenda yang terdiri dari tahapan: Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implement), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian kinerja siswa yang dikembangkan berbentuk daftar centang (check list) yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dalam mengamati, menanyakan, dan melaksanakan percobaan, serta kemampuan menalar dan mengomunikasikan hasil percobaan yang merupakan tahapan „5M‟ dalam pendekatan saintifik. Setiap butir penilaian dalam instrumen divalidasi oleh ahli instrumen dan evaluasi dengan hasil semua butir penilaian dinyatakan layak digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 100%. Instrumen kemudian diuji kualitas konstruksi, materi, dan kebahasaannya oleh panel (guru) dengan hasil: aspek konstruksi instrumen 89,17% atau sangat baik, aspek materi 95 % atau sangat baik, dan aspek kebahasaan 87,5 % atau sangat baik. Validasi butir penilaian dilakukan dengan uji coba individu dan uji coba kelompok besar, dan didapatkan hasil untuk uji coba individu 33 butir penilaian valid dan 7 butir penilaian tidak valid dengan tingkat reliabilitas instrumen 0,991 atau berada dalam kategori tinggi. Untuk uji coba kelompok besar didapatkan 33 butir penilaian valid dan tidak ada butir penilaian yang tidak valid dengan tingkat reliabilitas instrumen 0,878 atau berada pada katagori tinggi. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel untuk taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kinerja siswa berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel untuk digunakan dalam menilai keterampilan siswa pada kegiatan percobaan GHS.
Kata Kunci: Penilaian kinerja, pendekatan saintifik, Gerak Harmonis Sederhana (GHS), metode ADDIE, validitas, reabilitas, instrumen penilaian.
Bibliografi : lembar 90-91
SS00013179 | SK 13179 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain