Text
Meningkatkan konsep diri anak usia 5-6 tahun melalui bermain kooperatif (cooperative play) : penelitian kelas di kelompok B TK Tunas Wiratama Rawamangun Jakarta Timur
MENINGKATKAN KONSEP DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN KOOPERATIF (COOPERATIVE PLAY) (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur)
Riska Azizah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur, melalui bermain kooperatif yang dilaksanakan pada bulan November – Desember 2016. Subjek dalam penelitian ini melibatkan anak-anak dari kelompok TK B2 yang berjumlah 7 orang anak, yaitu 4 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan non tes untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan, dan data konsep diri anak yaitu melalui observasi yang berupa catatan lapangan, catatan wawancara, catatan dokumentasi, serta pedoman penilaian konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kooperatif dapat meningkatkan konsep diri anak usia 5-6 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa bermain kooperatif dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas untuk membantu meningkatkan konsep diri anak, dengan pelaksanaan kegiatan yang dirancang menarik dan bervariasi.
Kata kunci : Konsep Diri, Bermain Kooperatif, Anak, Usia 5-6 tahun Bibliografi : lembar 223-224
SS00013340 | SK 13340 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain