Text
Manajemen kurikulum Diklat training of trainer penemuan peningkatan kemampuan keluarga program keluarga harapan (TOT P2K2 PKH) di Pusdiklat Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia
MANAJEMEN KURIKULUM DIKLAT TRAINING OF TRAINER PERTEMUAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KELUARGA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (TOT P2K2 PKH) DI PUSDIKLAT KESEJAHTERAAN SOSIAL, KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA (2017) PUTRI ANDRIYANI
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di Pusdiklat Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia, yang bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh data empiris kegiatan manajemen kurikulum diklat Training Of Trainer Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Program Keluarga Harapan (TOT P2K2 PKH) dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu Widyaiswara, Kepala Sub Bidang Kerjasama dan Pengembangan Diklat Kesejahteraan Sosial Masyarakat dan Kepala Sub Bidang Pelaksanaan Diklat Kesejahteraan Sosial Masyarakat dan beberapa informan pendukung yaitu Widyaiswara-Widyaiswara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) proses perencanaan kurikulum diklat TOT P2K2 PKH yaitu identifikasi kebutuhan, Analisis Kebutuhan Diklat (AKD), penyusunan kurikulum, penyusunan modul, uji coba modul, penyempurnaan modul, seminar modul dan editing, (2) Pelaksanaan kurikulum diklat TOT P2K2 PKH direalisasikan melalui proses pembelajaran di dalam kelas (indoor) dan praktek belajar lapangan di daerah (outdoor). Komponen-komponen pendukung pelaksanaan kurikulum diklat TOT P2K2 PKH yaitu narasumber/fasilitator, sarana dan prasarana, media dan bahan ajar, metode pembelajaran serta peserta diklat, (3) Proses evaluasi kurikulum diklat TOT P2K2 PKH yaitu penyusunan instrumen, pengumpulan data, mengolah hasil dan penyusunan laporan hasil evaluasi kurikulum diklat.
Kata kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan dan Pelatihan. Bibliografi : lembar 139-141
SS00013337 | SK 13337 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain