Text
Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada materi tari lenggang Bekasi dalam kegiatan ekstrakulikuler tari di SMP Negeri 12 Kota Bekasi
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI TARI LENGGANG BEKASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TARI DI SMP NEGERI 12 KOTA BEKASI
TATIK KAHIKMAH PRATIWI
2525130621
Pembimbing I : Dra. Kartika Mutiara Sari, M.Pd Pembimbing II : Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd
ABSTRAK
TATIK KHIKMAH PRATIWI. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Materi Tari Lenggang Bekasi Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Tari di SMP Negeri 12 Kota Bekasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang bagaimana proses serta dampak apa yang diberikan dari penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dianggap cocok dalam penerapan Tari Lenggang Bekasi pada kegiatan ekstrakulikuler di SMP Negeri 12 Bekasi. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2015 dan November-Desember 2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, pengamatan dan studi pustaka, guna memperoleh data yang akurat. Teknis analisis data menggunakan model air, dengan cara reduksi data, penyajian data, dan simpulan (verifikasi) data. Uji keabsahan data menggunakan teknik pemeriksaan data oleh Moleong yaitu dengan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan.
Proses Pembelajaran Metode Tutor Sebaya dalam kegiatan ekstrakulikuler tari di SMP Negeri 12 Kota Bekasi dimulai dari pelatih memilih 3 dari 15 peserta didik yang dianggap memiliki kemampuan lebih dari teman-teman sebayanya. Kemudian pelatih membagi peserta didik menjadi 3 kelompok, mereka diberi waktu oleh pelatih untuk berdiskusi dengan teman satu kelompoknya untuk menyamakan detail gerak. Setelah pelatih selesai memberi waktu untuk saling belajar dengan teman sebayanya, mereka diminta perkelompok untuk maju kedepan kelas menunjukkan hasil diskusi mereka.
Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya memberikan dampak yang positif kepada peserta didik. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya. Pada materi tari Lenggang Bekasi yang diterapkan dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, peserta didik cepat menghafal detail gerak di setiap ragam gerak yang diberikan oleh pelatih. Dampak positif yang signifikan terlihat kepada 3 peserta didik yang ditunjuk oleh pelatih untuk menjadi leader di kelompoknya. Secara tidak langsung, hal ini mempengaruhi mereka secara psikologi, karena mereka merasa bertanggung jawab atas kelompok yang mereka pimpin. Selain itu dapat pula melatih untuk dapat menyampaikan ilmu yang mereka punya dan diajarkan kepada teman sebayanya.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Ekstrakulikuler, Tari Lenggang Bekasi
Bibliografi : lembar 112-113
SS00013133 | SK 13133 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain