Text
Pengaruh model pembelajaran probing prompting dengan berbantuan power point terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa sekolah menengah atas di Kecamatan Duren sawit
ABSTRAK
NITA ADELYN, Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Berbantuan Power Point Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Duren Sawit. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Menyelesaikan berbagai masalah dalam konteks rumit dan asing merupakan jantung dari aktivitas matematika itu sendiri. Oleh karena itu, kemampuan penyelesaian masalah matematis menjadi salah satu kemampuan matematis yang penting untuk dimiliki dan diasah oleh setiap siswa saat pembelajaran matematika. Tentu, pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh pada kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting dengan berbantuan Power Point terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Duren Sawit. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan penyelesaian masalah matematis berupa 4 soal uraian yang telah dinyatakan valid. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMA di Kecamatan Duren Sawit. Populasi terjangkau penelitian adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri (SMAN) di Kecamatan Duren Sawit. Teknik pengambilan sampel penelitian terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama menggunakan teknik simple random sampling, yaitu mengambil 1 dari 7 SMAN di Kecamatan Duren Sawit secara acak, dan terambil siswa kelas X dari SMAN 91. Tahap kedua menggunakan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berupa kelas-kelas yang belajar dengan guru yang sama, yaitu kelas X-1, X-2, X-3, X-4 jurusan MIA. Tahap ketiga adalah teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan 2 dari 4 kelas yang telah lolos uji prayarat analisis data sebelum perlakuan, sebagai kelas eksperimen (X MIA 3) dan kelas kontrol (X MIA.2). Berdasarkan hasil pengujian prasyarat analisis data sesudah perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki distribusi yang normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik menggunakan Uji-t untuk 2 sampel independen dengan taraf signifikan
SS00013346 | SK 13346 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain