Text
Pengaruh media grafis terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 45 Jakarta
ABSTRAK
Isma Suci Hartika. Pengaruh Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 45 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Prodi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang ada tidaknya pengaruh media Grafis tehadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 45 Jakarta dari bulan Juli sampai Oktober 2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 45 Jakarta yang berjumlah 884 siswa yang terdiri dari 24 kelas, sedangkan populasi terjangkaunya adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 181 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel yang diambil berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 yang berjumlah 35 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar sebanyak 50 butir pertanyaan pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Sebelum instrumen digunakan dilakukan ujicoba instrumen. Dari hasil uji coba menggunakan uji validitas butir soal dengan rumus r product moment didapatkan 40 butir soal valid dan 10 butir soal invalid. Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua skor ganjil genap dengan rumus r product moment untuk mengetahui keajegan instrumen, di mana diperoleh indeks reliabilitas instrumen separuh tes rgg sebesar 0,832. Dari perolehan indeks reliabilitas separuh dihitunglah reliabilitas keseluruhan dengan menggunakan rumus Sperman Brown dan diperoleh reliabilitas keseluruhan sebesar rii = 0,908 yang berarti reliabilitas instrumennya sangat tinggi dan dapat digunakan. Setelah itu dilakukan pengujian persyaratan analisis data sebelum pengujian hipotesis, yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas yang digunakan ialah rumus Lilliefors. Dari hasil perhitungan untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,105 sedangkan sedangkan untuk kelas
ii
kontrol di peroleh Lhitung 0,088 dengan Ltabel = 0,150, karena Lhitung < Ltabel berarti kedua distribusi data normal. Setelah itu dilakukan Uji Homogenitas menggunakan Uji Bartlet. Dan hasilnya diperoleh 2(hitung) = 1,571. Hasil uji homogenitas tersebut dibandingkan dengan harga chi kuadrat untuk derajat kebebasan = 1, yaitu 2(tabel) = 3,84. Karena 2(hitung) < 2(tabel) pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05) dan derajat kebebasan = 1, maka kelompok sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Perhitungan penelitian ini menghasilkan t(hitung)= 3,656 sedangkan t(tabel) = 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05) dengan derajat kebebasan 68. Dengan demikian Karena harga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Grafis terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 45 Jakarta
Bibliografi hal.: 48
SS00002605 | SK 2605 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain