Text
Oppa!!
ABSTRAK
DIANA ROSCA APRIA. 2017. OPPA!! dalam Karya Inovatif, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Kata Kunci : OPPA!!, Korean Pop, Tari Betawi
Karya tari OPPA!! terinspirasi dari fenomena yang terjadi di masyarakat yaitu demam budaya Korean Pop yang berdampak pada banyaknya remaja-remaja Indonesia saat ini yang menyukai K-Pop, mengikuti trend berbusana seperti artis-artis Korea, menyukai Boyband/Girlband dan bahkan berkhayal ingin memiliki kekasih seorang artis Korea. Tujuan pembuatan karya tari ini adalah mengimplementasikan gagasan dengan sebuah karya tari dalam memenuhi Tugas Akhir, memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa saja yang dilakukan remaja-remaja Indonesia pecinta Korean Pop dalam kesehariannya. Penggarapan karya tari ini, menggunakan proses penciptaan tari menurut Alma M. Hawkins (Bergerak Menurut Kata Hati) yaitu mengungkapkan, melihat, merasakan, mengkhayalkan, mengejawantahkan, pembentukan, dan evaluasi. Kemudian, hal itu diformulasikan ke dalam gerak tari yang memiliki makna representasional simbolik dengan tipe tari komikal/komedi. Gerak tari yang disajikan yaitu Gerak tari betawi yang dikombinasikan dengan gerak-gerak tari modern yang biasanya digunakan pada industry Korean Pop, dirangkai sedemikian rupa menjadi kesatuan gerak yang utuh, agar mempermudah ketercapaian maksud dari ide garapantersebut. Data-data yang diperoleh berupa pengamatan, wawancara, studi pustaka, pendokumentasian hasil pengamatan di tempat-tempat tertentu. Semua data tersebut menjadi data valid dengan cara menggabungkan data satu dengan lainnya. Kemudian data tersebut menjadi ide dalam pencarian gerak-gerak dalam karya ini. Kesimpulan yang dapat diambil dari karya tari ini yaitu diharapkan dapat menmberikan informasi tentang hal-hal yang dilakukan oleh remaja-remaja penggemar Korean Pop dan dapat menghibur penonton melalui karya ini karena disajikan dengan unsur komikal/komedi. Bibliografi : lembar 99-100
SS00013145 | SK 13145 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain