Text
Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 255 Jakarta
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 255 JAKARTA (2017)
Angga Harizki
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 255 Jakarta, yang bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai pemeliharaan dan inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015 hingga Juni 2016. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini berasal dari informan kunci yaitu wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, sedangkan informan pendukung I yaitu bendahara barang dan informan pendukung II yaitu kepala sekolah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Teknik pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yang dilakukan SMP Negeri 255 Jakarta meliputi penyadaran, pemahaman, pengorganisasian, pelaksanaan dan pendataan. Permasalahan yang terjadi dalam teknik pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan adalah tidak adanya pembagian kerja yang jelas, kebutuhan dana karena terlambat cairnya dana BOS dan BOP, dan sulitnya mendapatkan tenaga ahli yang terpercaya. (2) Prosedur inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan yang dilakukan meliputi pencatatan, pengkodean dan evaluasi inventarisasi. Permasalahan yang terjadi dalam prosedur inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan adalah sering terjadinya barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan sekolah, sehingga mengakibatkan tertundanya proses pencatatan barang.
Kata kunci: Manajemen, Pemeliharaan, Inventarisasi, Sarana dan Prasarana Pendidikan.
Bibliografi : lembar 129-130
SS00013160 | SK 13160 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain