Text
Campur kode bahasa iklan dalam media elektronik
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Campur kode Bahasa iklan karena Iklan di media elektronik yaitu televisi dan internet (youtube) dapat dikaji dari sudut pandang studi bahasa karena pada dasarnya, iklan menggunakan bahasa sebagai sarana penyampai pesan kepada konsumen. Artinya, terdapat penggunaan bahasa dalam sebuah paket iklan televisi. Penggunaan tuturan dalam iklan televisi dapat dikaji dalam penelitian studi kebahasaan. Iklan yang disertai dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh kalangan masyarakat dan tentunya remaja. Campur Kode Bahasa Iklan Dalam Media Elektronik , usia remaja yang diambil karena cukup banyak iklan yang menjadikan anak remaja sebagai sasaran promosi.
Masalah dalam penelitian ini yaitu (1)Bagaimana campur kode yang digunakan dalam iklan di media elektonik? (2)Apa saja faktor yang menyebabkan campur kode pada iklan di media elektronik?, (3)Apakah pada era saat ini komunikasi penting untuk berbagai kalangan?.
Data penelitian ini berupa tuturan bintang iklan televisi yang terdapat pada 50 buah iklan televisidan internet (youtube) yang telah dipilih secara acak dan telah ditranskrip dalam bentuk teks tertulis. Sumber data penelitian ini adalah iklan televisi yang ditayangkan di stasiun Televisi Swasta Nasional di Indonesia dan media internet (youtube). Dari 50 data iklan yang saya analisis terdapat 37 kata dalam iklan yang mengandung campur kode. Berikut 20 iklan yang mengandung campur kode didalamnya. Mengandung data berupa tuturan lisan yang ditranskripsikan menjadi bentuk tuturan tulis yang mengandung penyisipan kata, frasa, perulangan kata, idiom/ungkapan, serta klausa yang berasal dari bahasa asing.Semua data tersebut memenuhi kriteria analisis yang telah ditentukan dalam penelitian ini.
.
Kata kunci: Campur kode, Iklan , Media elektronik
Bibliografi : lembar 66
SS00013186 | SK 13186 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain