Text
Meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun mellui kegiatan bercerita (storytelling) : penelitian tindakan kelas Kelompok B di TK Mutiara Fitra, Larangan Tangerang
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA (STORYTELLING) (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Mutiara Fitra, Larangan, Tangerang) (2017)
Amelinda Gamarosa Tutupoho
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 56 tahun di TK Mutiara Fitra, Larangan, Tangerang melalui kegiatan bercerita di kelas kelompok B. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B TK Mutiara Fitra yang kemampuan membacanya masih rendah dengan jumlah sebanyak 8 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil Analisis data pada praintervensi di dapat presentase sebesar 39,69%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 58,13%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 77,81%. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus II memiliki kenaikan 38,12%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan membaca anak usia dini dapat meningkat dengan membangun motivasi dan pemberian kesempatan untuk mengemukakan ide, sehingga rasa ingin tahu anak berkembang.
Kata kunci : kemampuan membaca, kegiatan bercerita
Bibliografi : lembar 256-261
SS00013205 | SK 13205 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain