Text
Upaya meningkatkan kecakapan berpikir anak usia 5-6 tahun melalui media peta harta karun menggunakan bahan daur ulang : penelitian tindakan kelas di PAUD Permata Sari, Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR
ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PETA HARTA KARUN
MENGGUNAKAN BAHAN DAUR ULANG
(Penelitian Tindakan Kelas Di PAUD Permata Sari, Jakarta Timur)
Hayanti
1615128624
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan
berpikir anak melalui media peta harta karun menggunakan bahan daur
ulang. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Permata Sari Jakarta Timur
dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12
orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Taggart.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil
pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecakapan berpikir
anak dimulai saat pra penelitian adalah 30%, siklus I meningkat menjadi
52,25% dan pada Siklus II, peningkatan kecakapan berpikir anak mencapai
77,42%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media peta harta karun yang
terbuat dari bahan daur ulang dapat meningkatkan kecakapan berpikir anak
usia 5-6 tahun di PAUD Permata Sari Jakarta Timur. Hasil dan analisis
kualitatif membuktikan bahwa media peta harta karun yang terbuat dari
bahan daur ulang dapat meningkatkan kecakapan berpikir. Tahapan dari
tindakan tersebut yaitu bertanya tentang benda yang dilihat, mampu
menyusun rencana kegiatan, mencari benda, menyebutkan fungsi dan
manfaat benda, menyebutkan ciri-ciri benda, dan menjawab pertanyaan
melalui jawaban yang menarik mampu menyelesaikan kegiatan pembelajaran
sesuai dengan “clue” yang diberikan dan menceritakan informasi yang
diperoleh dan mengembangkannya dengan bahasanya sendiri.
Kata kunci : kecakapan berpikir, media peta harta karun Bibliografi : lembar 176-180
SS00013204 | SK 13204 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain